Menterjemahkan Gambar Atau Diagram Lingkaran Arus Listrik

Secara aturan instalasi listrik, setiap akan dilakukan pemasangan instalasi di rumah maupun di sebuah gedung, mestilah ada gambar atau diagram dasar arus listrik, namun mengapa ketika kita melihat petugas biro listrik datang memasang instalasi listrik disebuah rumah, kita tidak melihat mereka membawa semacam gambar petunjuk pemasangannya, hal itu karena mereka sudah menghafalnya diluar kepala mode instalasi yang akan dilakukan.

Namun jika kebetulan anda melihat atau menemukan sebuah gambar atau diagram lingkaran arus listrik untuk rumah anda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memahaminya, seperti apa instalasi listrik pada rumah anda, sehingganya anda juga lebih memahami keadaan arus listrik yang terpasang.

Gambar atau diagram listrik sesungguhnya memiliki banyak ragam dan jenis, sesuai dengan tingkat kerumitan instalasi untuk suatu bangunan, dari sekian banyak jenis gambar tersebut bolehlah kami sampaikan, bahwasanya gambar atau diagram listrik itu terbagi kepada dua jenis.

a. Gambar diagram pembagian menurut tujuan

b. Gambar diagram menurut cara menggambar

Gambar diagram menurut tujuan terdiri pula dari beberapa jenis
1. Diagram yang sifatnya menjelaskan, seperti diagram dasar, diagram lingkaran arus, diagram instalasi

2. Diagram yang didasarkan pada pelaksanaan, seperti diagram pengawatan, dan diagram saluran

Sedangkan gambar diagram menurut cara menggambar terdiri dari.

1. Diagram dengan garis ganda

2. Diagram dengan garis tunggal

Untuk lebih sederhananya dibawah ini kami tampilkan gambar atau diagram sebuah instalasi listrik, dan kita akan coba menterjemahkan gambar tersebut, sesuai dengan tampilannya.

panduan instalasi listrik rumah


Diagram arus listrik pada gambar diatas bisa kita terjemahkan sebagai berikut :

Pada gambar 1 skema dasar bisa kita terjemahkan, bahwasanya untuk satu instalasi tersebut terdapat satu buah saklar yang menghidupkan sebuah lampu, saklar pada gambar diatas disimbolkan dengan garis miring, sedangkan lampu disimbolkan dengan tanda silang atau X.

Sedangkan pada gambar 2 skema garis tunggal, bisa kita terjemahkan dengan lengkap dimana pada gambar PHB (Perlengkapa Hubung Bagi) tersebut diperlihatkan sebuah MCB , yang berfungsi sebagai pengaman otomatis, kemudian ada pula garis yang pada setiap ujungnya terdapat saklar dan sebuah fiting untuk bola lampu, kemudian untuk saklar disimbolkan dengan bentuk bulat dan ada garis miring.

Kemudian pada gambar skema pelaksanaan dibuatlah gambar lengkap, ada kabel positif dan negative yang menghubungkan saklar dan fiting bola lampu, kemudian ada MCB sebagai pengatur otomatis untuk stabilnya aktifitas antara saklar dan bola lampu.

Gambar diatas dilengkapi dengan symbol, untuk mempermudah installer listrik memahami maksud, tujuan dan bagaimana cara memasang kabel oada sebuah instalasi, gambar atau diagram instalasi tersebut tidak menghiraukan perbandingan ukuran sebuah bangunan ruangnya, artinya installer harius memasang sesuai dengan maksud gambar.

Nah cukup mudah bukan menterjemahkan sebuah gambar atau diagram arus listrik, jika installer listrik sudah terbiasa menterjemahkan gambar instalasi listrik, maka ia akan semakin cepat memahami dan mengerti bagaimana sebuah ruangan dipasangi arus listrik.

Baiklah saya pikir untuk menterjemahkan secara sederhana gambar atau diagram instalasi listrik cukup sekian, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Terima kasih, salam …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

0 Response to "Menterjemahkan Gambar Atau Diagram Lingkaran Arus Listrik"

Post a Comment