Prinsip Dasar Dan Cara Memanfaatkan Tenaga Angin Menjadi Energy Listrik Baru

Alat sederhana penghasil listrik memanfaatkan tenaga angin
Alat sederhana penghasil listrik memanfaatkan tenaga angin
Pada dasarnya membuat energy alternative selain dari memanfaatkan tenaga minyak bumi tidaklah begitu sulit, air, bumi dan udara sesungguhnya senantiasa memberikan peluang melimpah untuk kita memanfaatkannya, tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya, kali ini kita akan membahas prinsip kerja pemanfaatan tenaga alam dari angin sebagai sumber energy listrik baru, simak berikut ini.

Di Negara yang sudah sangat baik politik pemerintahan dan tata cara mengelola perekonomiannya, pengembangan tenaga angin untuk listrik sudah sangat berkembang, hal ini turut mempengaruhi pemikiran bijak terhadap masyarakatnya, namun untuk Negara tercinta kita Indonesia sepertinya kita harus merangkak untuk bisa memaksimalkan segala potensi alam ini.

Dalam memanfaatkan angin sebagai sumber energy listrik, prinsip dasarnya adalah menciptakan sebuah alat menjadikannya energy listrik dan menyimpannya dalam waktu lama, selain itu sumber daya angin yang diperlukan mesti pula melihat kondisi topografi alamnya, karena memang tidak semua daratan memiliki tekanan angin yang melimpah, misalkan daerah pinggiran pantai atau daerah perbukitan, merupakan kawasan-kawasan yang kaya akan sumber daya angin.

Agar pemanfaatan tenaga angin menjadi energy listrik menjadi mungkin, tentunya kita harus membuat sebuah percobaan kecil untuk membuktikan angin yang kecil juga mampu menghasilkan listrik.

Diberbagai artikel yang tersebar di internet tutorial cara membuat energy listirk sederhana menggunakan tenaga angin sangat banyak, namun untuk melaksanakannya tentunya terlebih dahulu kita harus memahami prinsip dasar alat kerjanya, seperti menciptakan energy listrik tenaga angin menggunakan generator dari magnet buatan.

Percobaan sederhana menggunakan generator magnet sangat mungkin dilakukan, mengingat cara membuatnya sangat mudah dan gampang, berikut ini bisa kita jelaskan alat-alat yang diperlukan, untuk membuat generator magnet sederhana dalam pemanfaatan tenaga angin.

Alat yang dibutuhkan

1. Magnet

2. Kawat email, atau kawat baja kuningan

Secara sederhana prinsip kerja membuat generator magnet ini adalah, perputaran magnet bisa menghasilkan energy panas yang ditangkap kawat baja, lalu menjadikannya suatu energy yang mampu menghidupkan sebuah bohlam listrik, pada percobaan sederhana para siswa praktisi listrik menggunakan lampu LED 12 volt.

Kesuksesan praktek listrik sederhana tenaga angin dengan generator magnet ini, juga dipengaruhi oleh banyaknya kumparan baja yang dibuat dan ketebalan kawat email baja yang digunakan, biasanya praktek ini berhasil dengan kumparan gulungan sebanyak 300 gulungan, semakin kecil ukuran kawat email maka semakin memudahkan baginya menangkap panas yang dihasilkan oleh perputaran magnet, disamping itu jarak antara magnet yang berputar dengan gulungan kumparan juga sangat berpengaruh, semakin dekat jaraknya maka semakin mudah bagi kawat untuk menangkap energy panas yang dihasilkan putaran magnet.

Nah pemirsa, penjelasan diatas hanya tentang pemanfaatan tenaga angin menjadi listrik menggunakan generator magnet, dalam praktek untuk skala besar tentunya harus ada alat yang digunakan sebagai ruang tempat menyimpan energy panas yang dihasilkan, sehingga listrik bisa dinyalakan kapan saja dan tidak tergantung pada ada atau tidaknya angin yang berhembus.

Bagaimana pemirsa, anda tertarik untuk memulainya? Jika anda tertarik tutorial cara mudah menciptakan energy listrik dengan memanfaatkan tenaga angin InsyaAllah akan kita bahas pada artikel lain, mudah-mudahan saya punya waktu luang untuk menuliskan ilmu sederhana ini.

Terima kasih atas perhatiannya, sampai jumpa.

Salam …

0 Response to " Prinsip Dasar Dan Cara Memanfaatkan Tenaga Angin Menjadi Energy Listrik Baru"

Post a Comment