Cara Legal Agar Pembayaran Listrik Murah

Dari waktu ke waktu energy listrik selalu menjadi persoalan yang harus diselesaikan oleh PLN, semakin banyak jumlah penduduk kebutuhan listrik juga semakin meningkat, bahkan dibeberapa daerah sering terjadi pemadaman listrik bergilir, yang artinya selain dari kerusakan teknis dan factor alam, sumber energy listrik PLN juga terbatas, untuk itu diperlukan tindakan yang nyata dan segera agar persoalan sumber energy ini diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Namun persoalan yang tidak kalah pentingnya, adalah pembayaran pemakaian listrik yang juga terjadi peningkatan, karena itu masyarakat pengguna energy listrik sering mencari jalan singkat bagaimana caranya agar pembayaran listrik menjadi murah, dan tidak jarang pula terjadi pencurian arus listrik (Ilegal) dengan menggunakan KWH ganda.

Sebagai installer yang baik tentunya anda akan menyarankan agar masyarakat tidak “bermain api” dengan pencurian arus listrik, karena sudah banyak yang menjadi korban entah karena arus pendek pada listrik curian, ataupun karena korsletting pada salah satu bagian instalasi listrik curian.

Cara Legal Agar kwh meter berjalan lambat
Cukup banyak siswa private kami yang menanyakan, bagaimana caranya agar KWH meteran listrik berjalan lambat, sehingga biaya pemakaian listrik jadi murah, meski banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakali KWH meter dari PLN agar berjalan lambat, namun sesungguhnya masih ada cara yang baik (Legal), agar tagihan listrik masyarakat pengguna menjadi murah meriah, bagaimana caranya? Mari kita simak penjelasan dibawah ini. 

Seringkali persoalan pemakaian arus listrik ini tidak menjadi perhatian yang serius bagi masyarakat pengguna, karena kita sudah terlena dengan ketersediaan listrik, sehingganya untuk membuat pembayaran tagihan menjadi murah tidak terlalu dipikirkan, padahal jika kita cukup selektif, sesungguhnya kita juga bisa membuat agar pembayaran tagihan listrik tidak memberatkan kita selaku masyarakat pengguna listrik.

Penjelasan kita kali ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri, ketika dalam satu bulan tersebut penggunaan listrik pasca bayar diperhatikan, maka tagihannya juga menjadi murah.

Apa saja yang perlu diperhatikan agar tagihan listrik bulanan murah

1. Perhatikan waktu pemakaian listrik

Beban puncak pemakaian arus listrik pada listrik rumah tangga terjadi pada sore hari sampai waktu isya, dimana pada waktu tersebut hampir seluruh rumah penduduk menggunakan listrik secara bersamaan, karena pemakaian secara bersamaan tersebut, sepertinya PLN sengaja menetapkan biaya pemakaian yang sedikit mahal dibanding jam-jam lainnya.

2. Cabut stop kontak peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan

Paling banyak masyarakat pengguna listrik tidak menyadari akan hal ini, kita ambil contoh adapator charger phonsel, terkadang kita sering membiarkan adaptor charger selalu terpasang di stop kontak listrik siang dan malam, meski tidak sedang melakukan charging phonsel, kelakuan seperti ini sudah jelas sangat merugikan anda selaku pelanggan listrik, karena meski adaptor tersebut hanya 12 volt, namun jika dinyalakan terus menerus akan meningkatkan kecepatan putaran KWH meter, maka dari itu sebaiknya anda mulai memikirkan hal ini, jika memang tidak sedang charging phonsel, sebaiknya adaptor charger dicabut saja, demi berkurangnya tagihan listrik.

3. Matikan lampu yang sedang tidak dibutuhkan

Pada waktu terjadi beban puncak sebaiknya anda tidak menyalakan lampu yang memang tidak dibutuhkan, misalnya lampu taman, atau lampu teras, semakin sedikit jumlah lampu yang menyala pada saat beban puncak, maka semakin irit tagihan listrik anda.

4. Jika tidak terlalu diperlukan jangan nyalakan peralatan elektronik ber voltase besar

Seperti setrika listrik, mesin pompa air, dan lain sebagainya.

Jika anda sudah melakukan 4 tips diatas dalam satu bulan, maka sudah bisa dipastikan tagihan listrik anda juga sedikit.

Nah … bagaimana sobat pembaca, cukup mudah dan legal to, jika anda ingin agar tagihan listrik murah, selamat mencoba.

Salam …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

0 Response to " Cara Legal Agar Pembayaran Listrik Murah"

Post a Comment