Fungsi Membuat Simulasi Instalasi Pipa Listrik Perumahan

Sore menjelang magrib beberapa siswa praktek private saya berpapasan jalan di depan rumah, karena waktu tidak begitu kondusif untuk diskusi, saya tahan jawaban untuk pertanyaan mereka, pada akhirnya saya sempatkan juga menuliskannya disini, berharap pertanyaan yang sama juga menjadi sebuah pertanyaan bagi pengunjung setia blog panduan listrik ini.

Lalu apakah pertanyaan siswa private saya itu? Pertanyaannya adalah “Bagaimana cara aplikasi ilmu praktis kelistrikan yang telah ia peroleh dari balai latihan kerja (BLK) ?” Karena jika ilmu itu tidak termanfaatkan maka ia akan menjadi sia-sia lalu hilang begitu saja, dan tentu saja asumsi saya dalam waktu dekat siswa lulusan BLK khususnya praktek listrik tidak akan langsung diterima kerja di PLN atau di biro jasa pemasangan instalasi listrik.

Untuk itu saya menyarankan agar mereka terus berlatih dan menyampaikan ilmu tersebut kepada orang lain, atau kalau mau lebih hebat lagi, tulis ulang kembali semua pelajaran yang telah diperoleh di kursus BLK.

Tentu saja untuk menterjemahkan semua pelajaran praktik di labor listrik BLK tidak semudah membalik telapak tangan, bagaimana tidak di ruang praktek BLK semua sifat praktek kelistrikan tidak terlalu mengandung resiko besar, maka dari itu ketika seseorang lulusan BLK khususnya program pelatihan listrik, akan sedikit kebingungan ketika memasang sebuah instalasi listrik langsung dirumah calon pelanggan PLN.

Lalu bagaimana cara kita mengatasinya, menurut hemat saya caranya cukup mudah, dengan membuat sebuah papan simulasi instalasi pipa listrik, bentuk instalasi pipa sederhana ini akan sangat membantu calon installer baru ketika dihadapkan dengan praktek langsung di rumah calon pelanggan listrik.

Lalu bagaimanakah cara membuat simulasi instalasi pipa listrik ini, caranya cukup mudah silahkan simak gambar dibawah ini.

instalasi pipa listrik

Dari gambar diatas bisa kami jelaskan instalasi pipa listrik sebagai berikut.

1. Semua kabel yang akan dijadikan sebagai pengantar arus listrik perlu dimasukkan kedalam pipa sebagai pelindungnya.

2. Praktek pemasangan kabel instalasi sederhana bisa gambarkan dengan mudah seperti mengikuti simulasi instalasi pipa listrik.

3. Berapapun banyaknya jumlah fiting lampu dan stop kontak yang akan dipasang pada instalasi listrik rumah, terlihat nyata pada simulasi instalasi pipa listrik.

4. Perbedaan simulasi instalasi pipa listrik hanyalah persoalan panjangnya kabel yang dibutuhkan, jadi pada pemasangan instalasi kabel listrik yang sesungguhnya dibutuhkan kabel yang sesuai panjangnya dengan keadaan rumah yang sebenarnya.

Posisi stop kontak yang terdapat pada gambar simulasi instalasi pipa, tetap saja akan sama cara pemasangannya ketika dilakukan pada perumahan, demikian juga dengan cara pemasangan fiting lampu, baik pada pemasangan instalasi listrik parallel maupun seri, tetap saja akan sama cara pemasangannya dengan papan simulasi instalasi pipa listrik pada gambar percobaan diatas.

T. Dos yang terdapat pada gambar diatas bisa dibayangkan posisinya berada pada bagian atas dinding rumah, dan didalamnya tetap berisi penyambungan kabel atau tempat terjadinya persimpangan instalasi kabel pada pemasangan instalasi listrik yang sesungguhnya.

Maka dari itu bagi calon installer listrik baru yang ingin mencoba memasang pengabelan langsung di rumah, sebaiknya terlebih dahulu membuat sebuah papan simulasi instalasi pipa listrik, karenya akan sangat membantu ketika dihadapkan pada persoalan instalasi kabel yang sesungguhnya.

Barangkali demikian dulu penjelasan singkat kita tentang simulasi instalasi pipa listrik untuk rumah, hal yang sama sebenarnya juga berlaku untuk instalasi listrik gedung dan bangunan besar lainnya, hanya saja tinggal konsentrasi penuh ketika installer melakukan pemasangan kabel instalasi.

Sampai jumpa dipembahasan selanjutnya, salam …

Mari hemat listrik …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

0 Response to "Fungsi Membuat Simulasi Instalasi Pipa Listrik Perumahan"

Post a Comment