Cara Mudah Memperbaiki Kabel Bekas Untuk Instalasi Listrik

Bagi kebanyakan installer listrik tentunya banyak menemukan bekas kabel-kabel yang tidak terpakai, ataupun tersisa setelah pemasangan instalasi listrik, terkadang kabel-kabel tersebut dibiarkan saja tidak termanfaatkan, sebenarnya kabel tersebut bisa dimanfaatkan untuk tujuan instalasi listrik.

Sebagaimana barang bekas, terkadang kabel tersebut bentuknya juga sudah tidak rapi lagi, ada yang sudah melilit terputar-putar, namun pada prinsipnya tembaga kabel tersebut masih bagus, nah jika anda menemukan banyak kabel-kabel seperti yang kita ceritakan ini dirumah, tidak ada salahnya untuk mengumpulkannya dan memperbaikinya, untuk dipakai dikemudian hari.

Namun perlu kami ingatkan sebaiknya kabel bekas yang akan digunakan tersebut diseleksi terlebih dahulu, perhatikan karet pembungkus kabelnya, perhatikan juga kekuatan tembaga kabelnya, karena barang bekas yang sudah lama tidak terpakai tentu saja kualitasnya tidak sama dengan kabel baru.

Apa saja yang perlu diperhatikan pada kabel bekas sehingganya layak untuk dipakai, pertama tama yang diperhatikan adalah karet pembungkusnya, pastikan karet pembungkus tembaga tidak keropos atau ada yang aus disepanjang untaiannya, karena jika ada bagian yang keropos atau sudah aus, maka ketika anda gunakan tentu saja terdapat arus terbuka pada bagian yang keropos, sehingga konsekuensi anda tersengat arus listrik semakin besar.

Berikutnya perhatikan kekuatan kawat tembaganya, biasanya kawat tembaga kabel yang bagus itu adalah kawat kabel yang ukuran diameternya 1,5 cm atau 2 cm, kalau kabel serbuk biasanya cepat keroposnya, anda bisa lihat cirri-ciri kabel serbuk yang sudah keropos, biasanya terdapat tepung-tepung putih pada bagian dalamnya, dan ketika disentuh kabel serbuk akan berserakan.

Lalu bagaimana dengan kabel yang masih layak pakai, untuk yang satu ini kita bisa maksimalkan perawatannya, kabel yang masih layak pakai ini biasanya kabel yang ukuran diameternya besar, seperti yang kita bahas diatas, yakni kabel diameter 1,5 cm dan 2 cm.

Kabel bekas digulung atau bekas lilitan akan terlihat tidak rapi, disamping itu jika anda menggunakan kabel bekas digulung ini juga besar kemungkinan karet pembungkusnya cepat aus, karena itu sebaiknya kabel tersebut diluruskan terlebih dahulu, cara meluruskan kembali kabel bekas lilitan ini juga sangat mudah, tahapan yang dilakukan bisa anda simak dibawah ini.

Cara meluruskan kabel yang sudah digulung atau bekas lilitan.

1. Pisahkan satu persatu kabel bekas digulung.

2. Seleksi mana yang masih layak dipakai

3. Kabel hasil seleksi direntangkan, kemudian diikatkan ke sebuah tiang.

4. Kemudian gunakan tang jepit untuk menyentakkan kabel tersebut.

Cara diatas bisa juga anda lakukan dengan dua orang, dimana masing-masingnya saling menyentakkan kabel secara bersamaan.

Nah pemirsa cukup mudah bukan memperbaikai kabel bekas yang masih layak untuk dipakai, bagi anda yang ingin melihat cara lengkap meluruskan kabel bekas ini, bisa disimak pada video tutorial dibawah ini.


Demikian tips sederhana dari kami tentang cara meluruskan kabel bekas layak pakai, untuk digunakan kembali pada instalasi listrik, jika ada pertanyaan tentang pembahasan kita ini silahkan tuliskan pada kolom komentar, sampai jumpa, selamat mencoba, salam …

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Kabel Bekas Untuk Instalasi Listrik"

Post a Comment