Cara Lengkap Membuat Instalasi Listrik 2 Input Dengan Aoutput 3 Fase

Ketika listrik putus dalam waktu yang cukup lama, seringkali penghuni rumah menyalakan mesin diesel untuk menyalakan listrik kembali, sehingga seisi bangunan kembali terang benderang, hal tersebut paling sering dilakukan ketika pelanggan listrik suatu areal, mendapat jatah pemadaman listrik bergilir.

Rumah atau bangunan yang biasanya memanfaatkan mesin diesel untuk menyalakan kembali listrik, disebut dengan menggunakan instalasi listrik 2 input.

Karena kali ini kita akan membahas listrik 2 input 3 fase, itu artinya instalasi yang kita bahas kali ini adalah instalasi bangunan sederhana, seperti gedung pertemuan dengan kapasitas 300 orang, atau rumah konglomerat yang tingkatnya bisa mencapai 4 atau 5 lantai.

Pemahaman dasar

Berapapun besarnya suatu bangunan instalasi listrik dasarnya tetap seperti ini, menghubungkan arus listrik input dari PLN, kemudian membaginya sesuai dengan kebutuhan, dan didalam pembagian arus listrik tersebut bermacam perlengkapan listrik digunakan, seperti misalnya, MCB, saklar (aneka macam saklar), ground pembumian, bermacam kotak, handle hand listrik, dan lain sebagainya.

Secara sederhana bentuk instalasi listriknya bisa kita lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Lengkap Membuat Instalasi Listrik 2 Input Dengan Aoutput 3 Fase

Nah, yang menjadi sedikit perlu perhatian penuh adalah, pada situasi fase 2 input ini, saya mengambil contoh negara Indonesia, karena di negara indonesia belum ada saingan PLN dalam memberikan penerangan kepada rakyat, maka input 2 fase ini sudah bisa dipastikan input pertama berasal dari listrik PLN dan input kedua berasal listrik yang ditenagai denan diesel.

Sebenarnya ini suatu peluang bisnis yang sangat menguntungkan, ketika Indonesia semakin hari semakin dihadapkan kepada krisis energi listrik, maka bagi anda yang memiliki ilmu dan kecerdasan untuk menciptakan sumber energi listrik baru, tidak ada salahnya mencoba menjualnya dengan harga yang lebih murah dan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Agar penjelasan kita runut dan mudah dipahami pembaca kita akan urut berdasarkan rangkaian kerja utama, artinya rangkaian kerja yang sistematis, berikut urutannya.

1. Membuat instalasi listrik untuk fase input langsung ke handle hand

a. Fase 1

Kita anggap fase 1 ini adalah input listrik dari PLN, artinya rangkaian listriknya akan dimulai setelah KWH meter, cara membuatnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Instalasi input fase PLN ke handle hand listrik

b. Fase 2

Fase 2 ini kita anggap input listrik dari mesin diesel, rangkaian listriknya juga dimulai setelah KWH meter, cara membuatnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Instalasi input fase dari Diesel ke Handle hand Litrik

2. Instalasi terminal listrik 3 fase

Pada tahap ini kita akan memasang MCB sebanyak 3 buah, dan membaginya untuk setiap instalasi listrik ruangan, misalkan rumah pak konglomerat yang akan dipasang instalasi listrik ada tiga lantai, dan masing-masing MCB difungsikan untuk setiap lantai, maka MCB 1, MCB 2, dan MCB 3 untuk masing-masing lantainya.

Instalasi terminal listrik 3 fase

Terminal 3 fase ini biasanya ditutupi dengan box khusus, yang disebut dengan box terminal listrik dan terbuat dari besi alumunium, biasanya dijual di toko listrik, kelebihan menggunakan box ini adalah membuat terminal fase lebih aman, bahkan juga ada penguncinya.

3. Instalasi pembagian arus listrik didalam ruangan

Pada tahapan ini instalasi listrik dilakukan normal sesuai dengan gambar rancangan, agar masing-masing terminal 3 fase berfungsi sesuai dengan tujuannya, maka disini yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian masing-masing fase untuk setiap lantai rumah pak konglomerat.

Jangan sampai keliru, misalkan terminal 1 untuk lantai 1 namun pada pemasangan instalasi listriknya terhubung ke lantai 3, maka dari itu kesesuaian sangat diperhatikan pada tahap ini, untuk lebih mudahnya silahkan simak gambar pembagian arus terminal 3 fase dibawah ini.

Instalasi terminal pembagian listrik 3 fase

Cara kerja penggunaan listrik dari mesin diesel untuk instalasi listrik input 2 fase

Ketika input listrik dari PLN tidak menyala (mati), maka hal pertama yang dilakukan adalah menonaktifkan MCB pada KWH meter, hal ini berguna agar tidak terjadi tabrakan arus listrik ketika tiba-tiba saja listrik PLN menyala, setelah itu barulah mesin diesel dinyalakan dan dihubungkan dengan handle hand listrik, untuk lebih mudahnya silahkan lihat gambar alur kerja penggunaan listrik diesel dibawah ini.

Alur kerja penggunaan listrik diesel

Demikianlah pembahasan kita tentang cara lengkap membuat rangkaian listrik input dua fase untuk output tiga fase, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, salam.

0 Response to "Cara Lengkap Membuat Instalasi Listrik 2 Input Dengan Aoutput 3 Fase"

Post a Comment