Apa Itu Stop Kontak Tiga Lobang Pada Listrik

Barangkali anda pernah menemukan kabel alat elektronik yang memiliki tiga colokan, atau dikenal juga dengan colokan tiga kaki, tidak seperti biasanya peralatan elektronik yang hanya memiliki 2 colokan saja, contoh seperti ini biasanya ditemukan pada laptop dan peralatan elektronik lainnya, dan kawan saya juga pernah mengaku kebingungan setelah membeli laptop, karna ternyata kabel colokannya ada tiga, gambar dibawah ini salah satu contoh colokan tiga kaki.

Colokan listrik tiga kaki
(Colokan listrik tiga kaki)
Karena kebanyakan stopkontak listrik di negara Indonesia hanya memiliki 2 lobang colokan, maka kawan saya bingung menggunakan laptop baru yang dia beli, ditambah lagi toko tempat ia membeli laptop tidak memberikan steker colokan tiga kaki, karen itu sekarang kita coba bahas apa itu stopkontak dengan tiga lobang ini.

Untuk sekedar anda ketahui ketika anda memiliki peralatan elektronik dengan tiga colokan, maka anda harus menggunakan steker colokan tiga kaki, agar peralatan elektronik anda bisa dipasang di stopkontak yang hanya memiliki dua lobang, alat seperti itu bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Steker colokan tiga kaki, untuk memudahkan penggunaan pada stopkontak dua lobang
(Steker colokan tiga kaki, untuk memudahkan penggunaan pada stopkontak dua lobang)
Mengapa ada colokan tiga lobang? Biasanya peralatan kabel elektronik yang memiliki tiga colokan, dibuat di negara yang aturan penggunaan listriknya menggunakan stopkontak tiga lobang, kalau dulu sewaktu saya masih kuliah (2001), negara yang menggunakan stopkotak tiga lobang ini salah satunya adalah korea selatan dan Taiwan.

Maka dari itu jangan anda heran jika peralatan elektronik yang dibeli memiliki 3 kaki colokan, hal itu berarti produsen alat elektronik tersebut dibuat di negara yang memiliki aturan kelistrikan stopkontak tiga lobang.

Namun tentunya ada pula yang bertanya termasuk kawan saya yang membeli laptop tadi, apa fungsinya colokan tiga kaki tersebut? Dan apa pula fungsinya stopkontak dengan tiga lobang colokan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita pedomani dan pahami terlebih dahulu sistim keamanan pengabelan, seperti yang pernah dibahas pada blog ini tentang arde listrik, instalasi pengabelan yang aman itu memiliki tiga kabel, yakni kabel arus fase, kabel netral, dan kabel arde.

Barangkali karena tidak terbiasanya pengguna elektronik terhadap pengamanan menggunakan kabel arde, sehingga fungsi arde ini pada peralatan elektronik juga terabaikan, padahal disetiap perangkat elektronik sudah tersedia kedudukan pengamanan kabel arde, sebagai antisipasi ketika terjadi sengatan listrik petir.

Karena itu pada stopkontak tiga lobang, lobang yang ketiganya adalah tempat kedudukan kabel arde, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

stopokontak tiga lobang

Demikian pula halnya dengan kabel colokan yang memiliki tiga kaki, maka kaki yang satunya lagi adalah tempat terpasangnya kabel arde, kalau ditinjau dari segi keamanan maka sesungguhnya lebih aman menggunakan stopkontak yang memang memiliki kabel arde didalamnya.

Lalu bagaimana cara memasang stopkontak tiga lobang tersebut, cara pemasangan stopkontak tiga lobang ini telah saya jelaskan dalam tutorial video, bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut cara memasang kabel arde, silahkah di buka video dibawah ini.


Demikian pembahasan singkat kita tentang stopkontak tiga lobang dan colokan tiga kaki, semoga bermanfaat, sampai jumpa di lain kesempatan, salam.

2 Responses to "Apa Itu Stop Kontak Tiga Lobang Pada Listrik"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf juragan dilarang menaitkan link aktif pada komentar, idenya orisinil gan, semua tulisan ini adalah hasil pengalaman saya sendiri, baik sewaktu praktik sekolah maupun sewaktu memperbaiki kerusakan listrik di rumah-rumah tetangga. terima kasih sudah berkunjung.

      Delete