Apa Itu Instalasi Rentang Pada Instalasi Listrik Dasar

Bagi yang sudah senior dalam memasang instalasi listrik barangkali tidak asing lagi dengan istilah “Instalasi rentang”, namun untuk instalatir pemula, instalasi rentang ini barangkali termasuk jarang dilakukan, kecuali bagi mereka yang pernah memasang instalasi listrik rumah tinggal, diawal rumah tersebut selesai dibangun.

Jadi sobat pembaca untuk diketahui, instalasi rentang ini merupakan suatu tahapan yang dilakukan dalam rangkaian pemasangan listrik, dan tahapan instalasi rentang ini dilakukan di atas kuda-kuda rumah, atau lebih tepatnya diatas loteng bangunan.

Sebenarnya istilah instalasi rentang ini juga berlaku untuk pemasangan jalur listrik pada tiang kabel induk, namun karena pembahasan kita kali ini adalah instalasi listrik dasar, maka kita sepakati instalasi rentang ini untuk penggunaan pada bangunan sederhana.

Sesuai dengan namanya instalasi rentang adalah, kegiatan pemasangan kabel atau pengawatan pada loteng bangunan, mulai dari tempat listrik diinput.

Karena itu dalam pembuatan sebuah rumah, biasanya tukang bangunan sudah mempersiapkan lobang dan pipa didalam dinding, untuk nanti menjadi tempat masuknya kabel pengawatan listrik.

Bagaimana bentuk gambar instalasi rentang? Dibawah ini kami sajikan gambar sederhana bentuk instalasi rentang.

Dalam melakukan kegiatan instalasi rentang ada beberapa peralatan yang dibutuhkan, daftar dibawah ini merupakan beberapa alat yang digunakan untuk pemasangan instalasi rentang.

1. Kabel

Disini kabel yang digunakan terdiri dari tiga fungsi, satu kabel yang difungsikan untuk massa listrik, kemudian satu lagi kabel yang difungsikan untuk arus netral, kemudian satu lagi kabel yang difungsikan untuk grounding atau pembumian.

2. Rollen

Alat ini bentuknya seperti roda kecil, dengan sedikit cekungan yang berfungsi sebagai tempat kedudukan kabel, untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar dibawah ini.


3. Tali

Dalam pemasangan instalasi rentang tali yang digunakan sebaiknya tali yang terbuat dari benang yang sudah dilapisi karet, karena fungsinya untuk memperkuat kedudukan kabel pada rollen.

4. Paku payung

Paku ini fungsinya untuk memasang rollen pada kayu diatas loteng, sehingga ketika kabel diikatkan pada rollen, kabel aman dan tetap berada pada jalur instalasi rentang.

Karena beragamnya bentuk bangunan, ada bangunan dari beton dan ada bangunan dari kayu, misalnya rumah kayu, maka pemakaian alat untuk kedua jenis bangunan ini juga tidak sama.

Pada kebanyakan yang kami temui, pada rumah tinggal yang terbuat dari kayu, biasanya tidak menggunakan rollen dalam pemasanga instalasi rentang, karena itu pada rumah kayu biasanya digunakan kotak sambung dalam mengamankan kabel yang disambung diatas loteng.

Kebanyakan rumah kayu kabel yang digunakan dalam pemasangan instalasi listrik, merupakan kabel NYG yang sudah berisi dua atau tiga kawat tembaga, oleh karena itu pemasangan instalasi rentangnya tidak sama denga rumah tinggal yang terbuat dari beton.

Jadi bagaimana pemirsa, sekarang anda sudah sedikit paham to, dengan yang namanya instalasi rentang, nah mudah-mudahan dilain kesempatan kita akan bahas lagi istilah dasar dari instalasi dasar listrik ini, sampai jumpa dilain kesempatan, salam.

0 Response to "Apa Itu Instalasi Rentang Pada Instalasi Listrik Dasar"

Post a Comment