Simulasi Gambar Cara Memasang Instalasi Listrik 1 Fase Dengan MCB Pembagi 3 Fase Pada Instalasi Listrik Sederhana

Kadang saya sering menemukan pertanyaan tentang apa itu fase listrik, fase dalam kelistrikan sederhana (rumah tinggal, rumah ibadah, sekolah) mengacu kepada hantaran listrik yang dialirkan kepada suatu instalasi listrik, jadi jika diibaratkan dengan gudang maka 1 fase itu adalah satu jalur hantaran.

Namun kadang kita juga sering mendengar kalimat “listrik 3 fase”, nah dalam hal ini pengertian sederhananya masih sama dengan 1 fase, namun biasanya dalam instalasi listrik 1 fase ini bisa lagi dibagi menjadi 3 bagian, maka masing-masing fase bagian tersebut jumlahnya tiga, karena itu disebut dengan listrik 3 fase.

Masing-masing fase pada instalasi listrik biasanya difungsikan untuk bagian tertentu, contoh mudahnya begini.

Ada bangunan sekolah yang jumlahnya tiga lantai, maka masing-masing fase difungsikan untuk setiap lantainya.

Lalu kadang ada pula pertanyaan, dari mana saja sumber arus tiap-tiap fase listrik ?

Pada umumnya sumber tenaga listrik berasal dari PLN, ada pula yang berasal dari mesin diesel, dan ada pula yang berasal dari tenaga listrik lainnya, semisal angin, atau air, karena itu fase listrik dalam hal ini disebut juga dengan pengaman hantaran listrik.

Jadi jika disimpulkan, sumber listrik apa saja bisa dibagi dalam satuan fase listrik ini.

Pada kesempatan kali ini kita membahas simulasi gambar cara memasang instalasi listrik 1 fase dengan MCB pembagi 3 fase tanpa menggunakan handle hand atau CHR listrik sebagai terminal, lengkap dengan gambar bebas, artinya : ada satu sumber listrik yang akan kita bagi menjadi 3 bagian dalam masing-masing fase, dan pada instalasi listrik bisa saja ada 2 fase listrik yang dibagi dengan MCB 3 fase, artinya 2 fase listrik ini bisa satunya berasal dari listrik PLN dan satunya lagi berasal dari kelistrikan mesin diesel.

Agar lebih mudahnya pembahasan kita kali ini, untuk pemasangan instalasi listrik 1 fase dengan MCB pembagi 3 fase, kita ibaratkan kepada contoh bangunan gedung sekolah tadi, jadi 1 fase listrik yang kita anggap dari PLN, nantinya akan kita bagi menjadi 3 bagian dengan menggunakan 3 buah MCB.

Dibawah ini kita sajikan gambar garis tunggal untuk contoh pemasangan instalasi listrik 1 fase dengan MCB pembagi 3 fase, diasumsikan masing-masing fase difungsikan untuk tiap lantai gedung sekolah.
(Gambar garis tunggal 1 fase listrik dibagi dengan MCB 3 fase)
Jika disimulasikan kedalam gambar bebas, maka masing-masing fase telah kita bagi untuk tiap lantai gedung sekolah.
(Gambar bebas simulasi pembagian arus dengan MCB 3 fase)
Apa fungsi MCB pembagi 3 fase pada listrik 1 fase untuk instalasi listrik bangunan sederhana diatas ?

Ketika listrik 1 fase dibagi menggunakan 3 MCB menjadi 3 fase, salah satu fungsinya adalah untuk pengamanan listrik, setiap pemakaian listrik baik itu untuk perangkat elektronik, penerangan, dan kemudahan hidup lainnya, semua itu cenderung memiliki bahaya, maksudnya semakin banyak pemakaian listrik untuk mempermudah kehidupan, maka akan semakin besar potensi bahaya korsletingnya.

Karena itu salah satu pengaman agar listrik tetap bersahabat dan tidak membahayakan ketika terjadi sesuatu, maka digunakanlah MCB sebagai pemutus hubungan listrik otomatis.

Jadi pada contoh pembahasan kita diatas, untuk setiap lantai gedung sekolah sudah memiliki pengaman otomatis, nah misalkan terjadi suatu korsleting listrik pada lantai 3 maka, lantai 1 dan 2 listriknya tetap menyala dan aman digunakan.

Barangkali demikian dulu sahabat pembaca tips singkat dari kami tentang cara memasang instalasi listrik 1 fase dengan MCB pembagi 3 fase tanpa menggunakan handle hand listrik atau CHR, sampai jumpa dipembahasan listrik selanjutnya, salam.

0 Response to "Simulasi Gambar Cara Memasang Instalasi Listrik 1 Fase Dengan MCB Pembagi 3 Fase Pada Instalasi Listrik Sederhana"

Post a Comment